Selasa, 30 November 2010

Multimedia Broadcast

Istilah multimedia berasal dari teater bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium atau media seringkali disebut pertunjukan multimedia. Multimedia mencakup monitor video, dan karya seni manusia sebagai bahan dari pertunjukan. Citra Visual dapat dimasukan kedalam sistem dari paket perangkat lunak yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner optik. Input audio dapat dimasukkan melalui mikropon, pita kaset, dan compact disc.
Output visual dapat ditampilkan di layar komputer dan di monitor televisi yang tersambung. Output audio dapat di sediakan oleh alat output suara, speaker stereo, dan headset. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk memdapatkan output dalam bentuk jauh lebih kaya dari pada media tabel dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak, atau animasi dan mendengar suara stereo, perekam suara atau musik. (Multimedia Alat untuk Meningkatkan keunggulan bersaing , M.Suyanto)

Multimedia adalah kombinasi antara komputer dan video. Secara umum multimedia kombinasi tiga elemen, yaitu gambar, text dan suara atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio ( suara, musik ), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video ( Robin dan Linda, 2001 ).
Multimedia memaksimalkan pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hostetter, 2001).

Multimedia 
Broadcast berhubungan dengan media televisi yang terdiri dari perpaduan antara multimedia aplikasi komputer dengan alat-alat yang bernuansa broadcasting. Di Indonesia banyak hadir televisi swasta yang telah memunculkan program-program acara yang cukup menarik untuk dinikmati. Dari mulai acara News, Sinetron, Film laga, Komedi, Hingga berbagai macam tayangan kuis yang kesemuanya itu menggunakan alat broadcast televisi yang bagus untuk standart televisi.
Multimedia Brosdcasting memadukan antara unsur pengambilan sebuah gambar dan permainan sebuah effect kamera yang terdapat pada setting menu serta jenis kamera dan sebuah effect software komputer yang dimainkan oleh seorang animator. Dari perpaduan kedua unsur tersebut dapat menghasilkan output tampilan yang sangat mengagumkan dan mempunyai nilai jual sangat tinggi di dunia broadcasting.
Tidak mustahil jika semakin banyak channel televisi yang muncul di layar kaca maka semakin banyak pula Production House yang menawarkan jasa untuk memproduksi sebuah program acara yang kemudian akan di jual ke pihak televisi.

Ilmu informatika mencakup programming, networking, multimedia. Di dunia broadcasting informatika sangat memberikan peran yang sangat besar. Dalam membuat sebuah program acara pasti menggunakan software dan hardware yang berkaitan dengan multimedia sebagai perangkat pokok dalam menghasilkan karya.
Karena dalam broadcasting berhubungan dengan 
teknologi informasi, maka untuk kedepan nanti dunia broadcasting lebih dimudahkan dengan penggunaan software multimedia yang lebih canggih dan familiar dalam penggunaannya. Benang merah inilah yang menghubungkan antara Multimedia, Broadcasting dengan Teknologi Informasi.

Alat Multimedia

Dahulu, multimedia hanya menggunakan alat-alat berupa speaker dan layar komputer yang terhubung langsung. Saat ini multimedia sudah menggunakan berbagai alat dan media untuk menampilkan fungsi multimedianya. Contohnya adalah handphone dan camera digital. Bahkan jika tidak punya kita bisa memanfaatkan jasa sewa multimedia.


Pengertian Multimedia


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. (wikipedia). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.


Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, 
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.


Beberapa alat multimedia


Alat multimedia saat ini tidak hanya menggunakan komputer saja. Alat komunikasi seperti HP pun sudah menjadi sebuah perangkat multimedia yang semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru kita bisa menggunakan fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet dan berbagai fasilitas wireless (koneksi tanpa kabel) lainnya. 


Selain HP atau ponsel, Camera Digital saat ini juga sudah berfungsi sebagai perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks, animasi walaupun belum dapat mengakses internet.


Perangkat-perangkat multimedia


Sebenarnya apa saja perangkat yang mendukung multimedia sebuah komputer? Sekarang juga telah banyak jasa 
sewa multimedia. Berikut adalah perangkat-perangkat yang dibutuhkan :


1. Perangkat lunak / aplikasi multimedia.

Perangkat lunak ini digunakan untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer. Contoh perangkat lunak untuk multimedia adalah Windows media player yang dapat digunakan untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer kita.


2. CD / DVD ROM
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.

3. Sound Card
Sound card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).

4. Kartu grafis (Graphic Card / Display Adapter)
Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).

5. TV Tuner
TV Tuner merupakan perangkat yang memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor. TV Tuner biasanya berupa kartu (card) yang dipasang pada card expansi. Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan bisa langsung dihubungkan ke monitor.

6. Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya headset.

Illustrasi Daun Gaya Mesh Tool

Pada tutorial yang sebelumnya kita telah belajar cara penggunaan mesh tool nah sekarang saatnya kita belajar mengaplikasikan tehnik mesh tool dalam membuat suatu gambar Daun di Adobe Illustrator sehingga daun tampak alami dan warnanya menarik.

Langkah - Langkahnya: 

1. Kita harus membuat object dengan menggunakan Pen Tool , lalu warnai
image ilmugrafis

2. Buat garis - garis mesh (jika anda telah mempelajari tutorial mesh tool di tutorial sebelumnya maka pengaplikasiannya sama saja) 
image ilmugrafis

3. Seleksi pada seluruh pinggir titik - titik mesh dengan menggunakan Direct Selection Tools (A) , tekanshift untuk menyeleksi
image ilmugrafis
Setelah terseleksi semua titik - titik yang di pinggir kemudian pilih warna dengan pallete color untuk menghasilkan efek gradasi mesh 
image ilmugrafis

4. Buatlah tulang daun dengan Pen Tool
image ilmugrafis

5. Berikutnya membuat urat daun
image ilmugrafis

6. Perbanyak Copy paste urat daun yang telah dibuat hingga seperti ini 
image ilmugrafis

7. Kemudian bikin gambar tangkai dengan Pen Tool , untuk warna bikin gradient / Gradasi 
image ilmugrafis

gambar bidang dengan menggunakan Pen Tool , untuk warna pilih warna agak tua dari warna dasar daun (blending : multiply dan opacity: 16%) 
image ilmugrafis

Letakkan di tengah daun
image ilmugrafis
untuk menambah kesan gradasi maka tambahkan bidang lagi sebagai berikut
Pilih warna putih (blending Softlight dan atur opacitynya 17%) 
image ilmugrafis

dan Jadilah setangkai bunga... eh Setangkai daun... ^_^
image ilmugrafis

Kurang lebih seperti ini :
ilustrasi daun
Illustrasi Daun di Adobe Illustrator
Terima kasih, Semoga bermanfaat
7 Langkah Mudah Membuat Multimedia Pembelajaran 

   Materi kali ini saya pertajam ke langkah taktis pengembangan dan usaha memotivasi bapak ibu guru yang hadir untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Success story para bapak ibu guru yang memenangkan berbagai lomba level nasional dan internasional juga saya sampaikan, termasuk personnya saya tampilkan. Kebetulan acara seminar ini bersamaan dengan launching KOMED (Komunitas Multimedia Edukasi) yang beranggotakan pemenang-pemenang berbagai lomba pengembangan multimedia di tanah air. Jadi teman-teman pengembang multimedia pembelajaran juga banyak yang ikut hadir.
Apa saja 7 langkah mudah mengembangkan multimedia pembelajaran itu? Penjelasan lengkap ada di bawah.
1. TENTUKAN JENIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Perhatikan dengan benar, yang akan kita buat itu apakah alat bantu kita untuk mengajar (presentasi) ke siswa atau kita arahkan untuk bisa dibawa pulang siswa alias untuk belajar mandiri di rumah atau sekolah. Jenis multimedia pembelajaran menurut kegunannya ada dua:
  1. Multimedia Presentasi Pembelajaran: Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Berupa pointer-pointer materi yang disajikan (explicit knowledge) dan bisa saja ditambahi dengan multimedia linear berupa film dan video untuk memperkuat pemahaman siswa. Dapat dikembangkan dengan software presentasi seperti: OpenOffice Impress, Microsoft PowerPoint, dsb.
  2. Multimedia Pembelajaran Mandiri: Software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri alias tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge (pengetahuan tertulis yang ada di buku, artikel, dsb) dan tacit knowledge (know how, rule of thumb, pengalaman guru). Tentu karena menggantikan guru, harus ada fitur assesment untuk latihan, ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalahnya. Untuk level yang kompleks dapat menggunakan software semacam Macromedia Authorware atau Adobe Flash. Sayangnya saya masih belum bisa nemukan yang selevel dengan itu untuk opensource-nya. Kita juga bisa menggunakan software yang mudah seperti OpenOffice Impress atau Microsoft PowerPoint, asal kita mau jeli dan cerdas memanfaatkan berbagai efek animasi dan fitur yang ada di kedua software terebut.
2. TENTUKAN TEMA MATERI AJAR
Ambil tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu  meningkatkan pemahaman ke siswa dan menarik bila kita gunakan multimedia. Ingat bahwa tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jangan terjebak ke memindahkan buku ke media digital, karena ini malah mempersulit siswa. Ketika guru biologi ingin menggambarkan sebuah jenis tumbuhan supaya bisa dipahami siswa, dan itu sulit ternyata dilakukan (karena guru tidak bisa nggambar di komputer, dsb), maka ya jangan dilakukan ;)Alangkah lebih baik apabila pohon tersebut dibawa saja langsung ke depan kelas. Ini salah satu contoh bagaimana media pembelajaran itu sebenarnya tidak harus dengan teknologi informasi. Dalam sertifikasi guru, pemanfaatan media pembelajaran seperti pohon itu, atau kecoak dikeringkan, dsb tetap mendapatkan poin penilaian yang signifikan.
3. SUSUN ALUR CERITA (STORYBOARD)
storyboard.gifSusun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa storyboard itu hal yang susah, bahkan point-point saja asalkan bisa memberi desain besar bagaimana materi diajarkan sudah lebih dari cukup. Cara membuatnya juga cukup dengan software pengolah kata maupun spreadsheet yang kita kuasai, tidak perlu muluk-muluk menggunakan aplikasi pembuat storyboard professional. Untuk storyboard sederhana, saya berikan contoh karya pak ismudji  dari SMA Bontang, Kaltim (ismudji-storyboard.pdf). Sedangkan yang agak kompleks, bisa dilihat dari yang dibuat teman-teman di Brainmatics dan IlmuKomputer.Com untuk konten Rekayasa Perangkat Lunak (rpl-storyboard.pdf)
4. MULAI BUAT SEKARANG JUGA!
ppt-termodinamika.gifJangan menunda atau mengulur waktu lagi, buat sekarang juga! Siapkan Openoffice Impress atau Microsoft PowerPoint anda. Mulai buat slide pertama, isikan bahan ajar yang ingin anda multimedia-kan. Terus masukkan bahan ajar anda di slide slide berikutnya, mulai mainkan image, link dengan gambar, suara dan video yang bisa kita peroleh dengan gampang di Internet. Bisa juga memanfaatkan situs howstuffworks.com untuk mencari ide :)Jangan lupa juga bahwa banyak pemenang-pemenang lomba pengembangan multimedia pembelajaran yang hanya bermodal Openoffice Impress atau PowerPoint sudah cukup membuat karya yang berkualitas tinggi. Gambar disamping saya ambil dari karya pak Teopilus Malatuni, guru SMAN 1 Kaimana Papua Barat yang dibuat dengan tool sederhana, bisa mendapatkan skor signifikan di lomba dikmenum tahun 2007. Kuncinya adalah tekun, sabar dan pantang menyerah. Tidak ada ilmu pengetahuan yang bisa didapat secara instan, semua melewati proses panjang.
5. GUNAKAN TEKNIK ATM
termodinamika.gifTerapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersedia secara default. Apabila masih kurang puas:
  • Cari dari berbagai sumber
  • Buat sendiri apabila mampu
Saya berikan contoh bagaimana perdjoeangan mas Heru Suseno, guru fisika dari SMA Negeri 2 Madiun. Mas Heru ini dengan seriusnya menerapkan ATM dengan mencoba meniru tampilan Microsoft Encarta di tahun 2006. Tahun 2007 beliau sudah berhasil memperbaiki dan memodifikasi karya untuk selevel Encarta, tapi sudah tidak nyontek Encarta lagi :)
6. TETAPKAN TARGET
Jaga keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk mengikuti lomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual, atau deadline jadwal mengajar di kelas. Target perlu supaya proses belajar membuat multimedia pembelajaran terjaga dan bisa berjalan secara kontinyu alias tidak putus di tengah jalan. Untuk lomba dan award, paling tidak di Indonesia ada berbagai event nasional yang bisa kita jadikan target. Balai pengembangan multimedia dan dinas pendidikan nasional di berbagai daerah saat ini saya lihat mulai marak menyelenggarakan berbagai event lomba di tingkat lokal.
  • Teacher Innovation (Microsoft): Sekitar Mei
  • Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran (Dikmenum): Sekitar Oktober
  • eLearning Award (Pustekkom): Sekitar September
  • Game Technology Competition (BPKLN): Setahun 3-4 kali di berbagai universitas
  • dsb
7. INGAT TERUS TIGA RESEP DARI SUCCESS STORY
Dari pengalaman menjadi juri lomba di berbagai event, saya lihat kesuksesan bapak ibu guru dalam mengembangkan multimedia pembelajaran bukan dari kelengkapan infrastruktur atau berlimpahnya budget yang dimiliki, tapi justru dari ketiga hal ini: 
  1. Berani mencoba dan mencoba lagi
  2. Belajar mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada (perlu investasi membeli buku)
  3. Tekun dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas
gamelan.gifSaya berikan contoh bagaimana pak Joko Triyono, guru kesenian dari SMA prembun berdjoeang sampai akhirnya menikmati banyak penghargaan di berbagai event. Saya ingat benar karya pertama beliau tahun 2005 berformat HTML, masih polos sekali, bahkan beberapa halaman error karena salah link. Kemudian beliau belajar dari awal menggunakan software presentasi dan akhirnya tahun 2007 beliau berhasil menghasilkan produk yang sudah siap jual dalam tema Musik Gamelan. Beliau rekam satu persatu puluhan peralatan gamelan jawa, dan dimasukkan ke multimedia pembelajaran yang beliau buat. Dahsyatnya kita bisa nanggap wayang tanpa gamelan dan gending asli, cukup dengan software itu saja, asal dimainkan banyak orang dengan masing-masing memilih satu jenis gamelan.
Tentu tidak ada kata mudah dalam berdjoeang, paling tidak 7 hal diatas adalah langkah yang cukup mudah ditempuh dan pada kenyataannya banyak yang berhasil berkarya karena tekun dan pantang menyerah mengulang-ulang 7 hal itu.
Bagi bapak dan ibu guru, selamat berdjoeang!

Lowongan Kerja Multimedia

Berikut ini adalah beberapa link lowongan kerja yang insya allah membantu anda semua yang ingin bekerja di bidang Multimedia :



Membuat Rollover Image

Hai jumpa kembali di Tutorial Dreamweaver mempercantik halaman website kita dengan kolaborasi CSS dan dreamweaver. Pada tutorial belajar Dreamweaver kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana cara memasukkan Rollover Image. Apa yang dimaksud rollover image? Rollover image adalah suatu image / gambar yang dilengkapi dengan script di dalamnya sehingga sewaktu gambar (gambar utama/default) itu disorot dengan kursor maka gambar tersebut akan berganti dengan gambar yang lain (gambar kedua)...
Contohnya:
Ini preview'a..  

Jika mungkin belum jelas maka silahkan saja coba ikuti pembuatannya dulu, maka siapa tahu nanti jadi lebih jelas apa yang dimaksudkan di atas

Dan seperti ini cara'a..
1. buka dreamweaver seperti biasa dan buat file baru berextensi html.. (anda bisa menggunakan tampilanSplit maupun Code, tp saya terbiasa menggunakan tampilan code)
2. kita buat dulu bagian yang ingin dirollover gambar (backgroundnya) di antara tag dengan menggunakan sebuah div tag dengan nama element menggunakan class atau id..
(di sini saya menggunakan element class)
berikut kode tag'a..
 
tampilan tersebut akan membuat sebuah link standar yang biasa digunakan tanpa ada style apapun..
dan berikut kode css yang ditaruh di antara tag
 
#ffffff adalah bilangan hexadecimal untuk warna putih yang digunakan sebagai warna background..(saya menggunakan warna putih karena di halaman preview berlatarbelakang warna putih..)
* : cari dan isi gambar yang ingin digunakan untuk gambar awal dan gambar hover..
0 0 : merupakan posisi dari gambar backround 0 pertama adalah untuk posisi x dan 0 kedua adalah untuk posisi y..
no-repeat : merupakan perulangan dari gambar..no-repeat berarti tidak menggunakan perulangan..jika kalian ingin menggunakan perulangan..gunakan repeat-x untuk perulangan horizontal..dan repeat-y untuk perulangan vertical..
padding-left : memberikan jarak dari kiri untuk memperlihatkan gambar dari tulisan link yang ada..(saya menggunakan 20px karena lebar dari gambar adalah 15px..)
jika ingin menggunakan hover di setiap tag atau class atau id..cukup gunakan ":hover" setelah nama tag atau nama class atau nama id.. (tanpa kutip)
LIVE PREVIEW

Cara Lainnya::
Bagi yang masih kebingungan dengan permainan Tag dan CSS jangan kuatir karena ada cara alternatif dalam menampilkan rollover image karena di dalam aplikasi dreamweaver telah disediakan :)
1. Buka aplikasi Dreamweaver
2. Pilih Insert >> Image Objects >> Rollover Image 
tutorial dreamweaver

3. Maka akan muncul pop up yang harus anda lengkapi
tutorial dreamweaver
Penjelasan: 
Image name: adalah nama / judul Rollover image anda (isi sesuka anda)
Original image: gambar utama/default Rollover image 
Rollover image: gambar kedua (gambar yang akan muncul saat kursor disorot) 
Arternate text : adalah penjelasan tentang gambar tersebut mengenai apa (boleh dikosongi/ boleh diisi sesuka anda)
When Clicked, Go to URL: isi dengan URL link yang anda inginkan, bisa web anda, paman google, atau web IG yaitu >> http://www.ilmugrafis.com :) 
Nah setelah selesai Klik OK, mudah bukan, sekarang coba buka halaman yang anda buat dengan browser anda (IE, Mozzila, Opera) whatever... yang penting minumnya teh sak kotaknya... wkwkwk :
Just pudding
tutorial dreamweaver
Semoga Bermanfaat ^_^/

Membuat Pensil 3 Dimensi

Cara membuatnya:

  • Pertama kita akan mengatur ukuran terlebih dahulu. Kita akan menggunakan standar ukuran dalam centimeter. Caranya : klik menu Customize>Units Setup. 
  • Klik pilihan Metric dan ubah kotak kombo menjadi pilihan Centimeters.
  • Klik tombol System Unit Setup.
  • Pilih Centimeters dan klik tombol OK.
  • Selanjutnya kita akan mulai membuat objek dasar pensilnya. Kita akan menggunakan objek dasar berupa objek Cylinder. Klik tab Create>Geometry>Standard Primitives>Cylinder.
  • Buat objek di viewport Left (seperti tampak pada gambar). 
  • Buka tab Modify.
  • Atur parameter seperti gambar dibawah.
  • Hasilnya akan tampak pada gambar berikut.
  • Dekatkan mouse Anda ke tulisan Perspective di viewport Perspective dan klik kanan, lalu klik opsiEdged Faces.
  • Anda akan mendapati objek tampak memiliki garis-garis pembentuk yang akan memudahkan kita dalam melakukan pengeditan selanjutnya.
  • Klik kanan tulisan Cylinder seperti petunjuk gambar dibawah dan klik pilihan Editable Poly.
  • Maka tulisan Cylinder akan berubah menjadi tulisan Editable Poly. Buka tanda plus disebelah tulisan Editable Poly. Klik pilihan Vertex
  • Pilih Vertex-vertex seperti tampak pada gambar dibawah.
  • Klik tombol Collapse. Fitur ini berfungsi untuk menyatukan vertex-vertex yang kita pilih.
  • Lalu klik pilihan Edge seperti gambar dibawah.
  • Pilih edge seperti gambar dibawah.
  • Klik tombol Connect. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan (connect) garis baru yang ingin kita tambahkan pada objek 3D kita.
  • Hasilnya kita akan punya penambahan sebuah garis baru, seperti tampak pada gambar dibawah.
  • Selanjutnya klik pilihan Polygon.
  • Lalu kita pilih bagian sisi depan, seperti gambar dibawah.

  • Tekan tombol M dikeyboard untuk membuka Material Editor.
  • Pilih warna hitam pada kotak bertuliskan Diffuse disampingnya.
  • Lalu tekan tombol Assign Material to Selection seperti pada gambar. Kita dapat memberikan warna untuk bagian-bagian lain dari objek pensilnya.
  • Hasilnya tampak seperti pada gambar.
Hasil final utak-atik pensilnya kira-kira seperti gambar dibawah ini 

Pensil 3 Dimensi 

Semoga Bermanfaat... 

Twisted Evil

Ok gan,,, sepertinya saya memang harus membuat tutorial ini untuk menambah arsip CorelDRAW IlmuGRAFIS, eheh... mungkin jika saya jelaskan dengan detil akan menjadi panjang nan lebar, jadi saya akan sedikit meringkasnya dengan harapan masih bisa untuk (mudah) dimengerti.

Cekidot... Twisted Evil Step by step 
Langkah-langkahnya :

1. Buka dulu corelDRAWnya, kemudian buat lingkaran berdiameter 14 cm, kali ini saya tentukan ukurannya biar mudah dan anda tidak perlu mengira-ira.

2. Jika Sudah, Klik Interactive Fill Tool, kemudian ganti Fill Type yang semula Linier menjadi Radial, Kemudia klik Fill Dropdown(disamping fill type) >> Other... kemudian akan muncul Docker windows Select Color, pilih Palettes, cari Components C=9, M=70,Y=92,K=36, Kronologisnya ada pada gambar dibawah ini.
tutorial coreldraw
Untuk Last Fill Picker(Sampingnya Dropdown Fill) C=0, M=100, Y=100, K=0, 
Ok sudah akan ada image seperti dibawah ini bukan?
tutorial coreldraw


3. Buat lagi lingkaran berdiameter 14 cm, warnai dengan warna hitam kelam (Black 100%), lalu klik Interactive Transparency Tool kemudian sapukan ke object lingkaran hitam tadi dengan sudut kemiringan kira-kira 45 derajat, kalau ini memang harus di kira-kira gan, cekidot kronologisnya.
tutorial coreldraw
Jika anda benar maka akan ada image seperti dibawah ini
tutorial coreldraw
Kemudian seleksi semua object (lingkaran merah dan hitam) lalu tekan C kemudian E di keyboard anda bukan keyboard tetangga.. eheheh.... jika sudah, akan terjadilah big bang seperti gambar dibawah ini.(saya lebay... ==")
tutorial coreldraw
Kemudian klik Bezier Tool, lalu buat segitiga diatas lingkaran-lingkaran kita tadi

tutorial coreldraw
Klik Shape Tool (F10), seleksi node-node segitiga tersebut lalu klik Convert Line To Curve
tutorial coreldraw
Yang saya tandai biru paling atas itu adalag Tool "Convert Line To Curve". Masih menggunakan Shape tool, ubah line yang masih lurus-lurus itu menjadi melengkung mengikuti lingkaran seperti image dibawah ini
tutorial coreldraw
Beri warna Putih, kemudian klik Interactive Transparency Tool, transparansikan segitiga tersebut, ini dikira-kira lagi gan, sebagai contoh dibawah ini
tutorial coreldraw

4. Kepalanya sudah jadi gan, mari kita buat matanya, klik Bezier Tool lagi kemudian buat segitiga seperti dibawah ini
tutorial coreldraw
Kemudian Klik Effects >> Contour (Ctrl + F9)
tutorial coreldraw
Seperti gambar diatas beri offsetnya dengan angka 0,12 lalu klik Apply, setelah itu seleksi semua segitiga tersebut kemudian Tekan Ctrl+K dan lalu Ctrl+L masih di keyboard anda dan bukan milik tetangga anda... wkwkwk... setelah itu beri warna hitam, Copy mirror, Seleksi semua mata lalu groupkan (Ctrl + G)
tutorial coreldraw
Untuk memutihkan ditengah mata itu kita gunakan tool "Smart Fill Tool"
tutorial coreldraw
Klik saja ditengah mata pasti akan terisi meski dengan warna lain tapi kita bisa menggantinya dengan warna putih nanti.

5. OK, ini benar2 Ringkas bukan? Baru saja sampai step ke lima kita... hahaha... Pada step ini kita akan membuat tanduknya. Pertama buat segitiga dengan menggunakan Bezier Tools.
tutorial coreldraw
Caranya sama persis saat kita membuat segitiga di kepala tadi, agar tidak terlalu panjang tutorial ini maka akan saya prememori.. eheheh... jika sudah Warnai Tanduk ini dengan interactive fill tools dengan warna yang sama pada bagian kepala tadi
tutorial coreldraw
Setelah itu mari kita buat segitiga lagi dengan menggunakan Bezier Tool lagi dan lagi seperti pada gambar contoh dibawah ini
tutorial coreldraw
Tentu saja dengan cara yang sama seperti membuat tanduk pertama tadi. Nhah di image diatas ada perpotongan yang sangat-sangat mengganggu dan ugly(maklum abis makan roti jadi sedikit terbawa suasana english... wkwkwk...) Caranya memotong object diatas dengan Trim Tool. Berikut ini caranya : Klik Tanduk pertama, tekan Shift sambil klik tanduk kedua/segitiga kedua tersebut lalu klik Trim.
tutorial coreldraw

Maka akan jadi seperti ini
tutorial coreldraw
Warnai dengan Interactive Fill Tool seperti pada segitiga pertama tadi. Pewarnaannya tergantung agan-agan sekalian. Contoh dibawah ini menurut saya.
tutorial coreldraw
Sudah, seleksi semua segitiga tanduk ini kemudian Copy Mirror,
tutorial coreldraw
Sudah, seleksi semua segitiga tanduk ini kemudian Copy Mirror, Ok sebenarnya masih ada beberapa step tapi kita tinggalkan dulu, nanti terakhir kita ubah beberapa agar pencahayaannya terlihat nyata.

6. Pada Step ke Enam ini kita akan buat Mulut yang menjadikan Judulnya "Twiste Evil" Dibagian mulut ini yang sedikit ribet gan... eheheh... Pertama buat dulu garis Lurus Tegak menggunakan Bezier Tool, kemudian buat segitiga lagi seperti gambar dibawah ini
tutorial coreldraw
Kemudia gunakan Shape Tool untuk mengubahnya menjadi senyuman membawa luka dengan cara yang sama persis dengan cara-cara diatas tadi...
tutorial coreldraw
Kemudian Copy Mirror lagi Segitiga pada mulut ini kemudia seleksi semua lalu klik Weld

Aplly-kan Contour dengan Offset 0,12 Cm tadi pada mulut, kemudian tekan Ctrl+K dan lalu Ctrl+L lalu beri warna hitam. 
Kemudian gunakan lagi Bezier Tool untuk membuat object seperti gambar di bawah ini
tutorial coreldraw
Lalu gunakan Shape Tool dengan langkah seperti diatas (seleksi semua node lalu Convert Line To Curve) dan ubah sampai menjadi seperti gambar dibawah ini.
tutorial coreldraw
Kemudian Isi dengan Smart Fill Tool, lalu Copy Mirror satu persatu dan Weld-kan seperti langkah diatas agar saya tidak perlu mengulang-ulang cara yang sama gan... hehe...
tutorial coreldraw
Weld-kan juga gigi bawah. Kemudian buat dengan menggunakan Bezier Tool dan ubah dengan Shape Tool seperti cara diatas tadi sebuah object seperti gambar dibawah ini
tutorial coreldraw
Jika Sudah isi dengan Smart Fill Tool dengan warna hitam. Lalu pilih Interctive Transparency Tool
tutorial coreldraw
Transparency Type ubah menjadi Uniform naikkan Starting Transparencynya menjadi 85.
Kemudian buat lagi pada taring satunya seperti pada gambar dibawah ini.
tutorial coreldraw
Sudah? Kita buat Shadow untuk giginya... eheheh... liat bangun pada gambar dibawah ini
tutorial coreldraw

Perhatikan Garis Biru pada Gigi, kemudian isi dengan Smart Fill Tool dengan Warna Black 20%, Jika sudah akan jadi seperti image dibawah ini.
tutorial coreldraw

7. Over All progres udah selese gan.
tutorial coreldraw
Tapi ada yang janggal di tanduknya, tanduk kanan itu seharusnya yang lebih gelap yang satunya, kita tinggal ubah posisi gradasi/Interactive Fill Toolnya menjadi seperti ini.
twisted evil
Tinggal Kreasi kita gan bagaimana... eheheheh...
OK gan sudah beraktutorial CorelDRAW kita, terimakasih
semoga bermanfaat