Selasa, 02 November 2010

Macam Macam Manga

> Jidaigeki
Jidaigeki merupakan Manga yang mengandung unsur sejarah di dalamnya. Seperti jenis Shonen, manga jenis ini pun berorientasi pada perkelahian dan peperangan namun di zaman-zaman lampau. Manga yang masuk jenis ini adalah : ‘Vagabond’, ‘Lone Wolf and Cub’, dan ‘Rurouni Kenshin’.

> Mecha
Mecha merupakan Manga yang lebih bercerita tentang pertempuran robot raksasa serba canggih. Lebih dibumbui pertarungan besar-besaran baik di darat maupun di udara, banyak ledakan di sana-sini, serta tujuan untuk menyelamatkan bumi dari ancaman-ancaman tertentu. Jenis manga seperti ini bisa dilihat dari ‘Gundam’, ‘Voltus V’, ‘Voltron’, dsb.

> Bishoujo
Bishoujo merupakan salah satu jenis manga yang cukup populer juga, dipenuhi hampir semua karakter (biasanya anak perempuan atau binatang) yang dibuat lebih imut dan menggemaskan. Conoh manga untuk kategori ini: ‘Hello Kitty’ dan ‘Hamtaro’.

> Bishonen
Bishounen merupakan Manga yang menggambarkan tipe lelaki yang ‘cantik’, menghilangkan sisi maskulin karakter pria-nya seta meningkatkan sisi feminin-nya. Manga yang masuk dalam kategori ini antara lain: ‘Peach Girl’ , 'Princess Princess' , dan ‘X/1999’.

> Shoujo Ai / Yuri
Shoujo Ai / Yuri merupakan Manga yang menceritakan percintaan yang antara sesama jenis atau homoseksual/lesbi. Jenis Shoujo Ai ini menceritakan hubungan romantis antara sesama perempuan.

> Shonen Ai / Yaoi
Sama seperti jenis manga sebelumnya, Shonen Ai / Yaoi adalah tipe manga yang bercerita tentang hubungan sejenis, hubungan antar sesama lelaki.

> Harem
Genre animanga/game yang berupa seorang tokoh Cowo yang dikelilingi oleh banyak tokoh Cewe, contohnya mungkin kaya manga Ichigo 100%.

> Doujinshi
Doujinshi adalah sebutan bagi manga yang dibuat oleh fans manga tersebut yang memiliki alur cerita atau ending yang berbeda dari manga aslinya. Para fans ini biasa mendistribusikannya dari tangan ke tangan, dijual secara indie di toko doujinshi, atau mengikuti konvensi akbar doujinshi yang biasa disebut Comiket. Disini dijual ribuan judul doujinshi tiap tahunnya. Pengunjungnya bisa mencapai 400.000 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar