Senin, 06 Desember 2010

Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara adalah sebuah universitas yang berdiri pada tahun 2006 Universitas ini diresmikan pendiriannya pada 20 November 2006 dengan Rektor Universitas Prof. Yohanes Surya di mana fokus pendidikannya adalah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Universitas ini didirikan oleh Kelompok Kompas Gramedia, sebuah kelompok usaha terkemuka yang bergerak di bidang media massa, penerbitan, percetakan, toko buku hotel dan jasa pendidikan. Sebagai pendiri, Kompas Gramedia mendukung UMN tidak saja dalam hal penyediaan sarana fisik tetapi juga tenaga pengajar dan sarana kerja magang bagi mahasiswanya. Sebelum kampus definitifnya berdiri, UMN berkantor dan beroperasi di Gedung Wisma BNI 46, selanjutnya pada bulan Agustus 2008 pindah ke Plaza Summarecon Serpong. Pada tanggal 5 September 2008, telah dilakukan pemancangan tiang pancang di lokasi kampus definitifnya. Mulai tahun akademik 2009/2010 UMN menempati kampus baru di lahan seluas 8 hektare yang terletak di kawasan Scientia Garden, Gading Serpong Tangerang-Banten.
dengan kampus definitif yang berada di daerah Summarecon Serpong, Tangerang.

Dibalik berdirinya UMN

UMN didirikan pada tanggal 25 November 2005 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 169/D/O/2005 yang operasionalnya secara resmi dikelola oleh Yayasan Multimedia Nusantara. Yayasan ini didirikan oleh Kompas Gramedia, sebuah kelompok usaha terkemuka yang bergerak di bidang media massa, penerbitan, percetakan, toko buku, hotel dan jasa pendidikan
UMN merupakan sebuah lembaga perguruan tinggi dengan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar dalam setiap proses belajar mengajar di tiap mata kuliah yang diselenggarakannya. Didukung oleh keberadaan para tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan serta penyelenggaraan program mata kuliah yang terarah dan terintegrasi akan menghantar UMN menjadi universitas unggulan di tingkat nasional maupun internasional. UMN disasarkan menjadi inspirasi bagi hadirnya paradigma pendidikan baru bagi kaum muda Indonesia sehingga mampu menghasilkan lulusan berkompetensi tinggi dan berjiwa wirausaha berbasis teknologi (technopreneurship).



Pendiri UMN

Universitas Multimedia Nusantara didirikan atas prakarsa Dr. (HC) Jakob Oetama, Perintis Kompas-Gramedia Group.Dr. (HC) Jakob Oetama telah dianugerahi penghargaan Enterpreneur of The Year 2006 Tingkat Internasional di Monaco City, oleh Enrst & Young International.
Dr. (HC) Jakob Oetama dikenal sebagai Tokoh Nasional, yang memikirkan persatuan dan kesatuan bangsa, selalu mengambil posisi netral, tidak memihak kepada golongan manapun, dan senantiasa menyuarakan kebenaran dan pencerahan bagi bangsa Indonesia khususnya, dan kemanusiaan pada umumnya.
Dr. (HC) Jakob Oetama mengembangkan falsafah Humanisme Transendental yang berarti bahwa manusia hendaknya mengambil jarak terhadap keduniawian dan memperjuangkan penyempurnaan diri melalui karya bagi kemanusiaan.
Prakarsa Dr. (HC) Jakob Oetama atas pendirian UMN tersebut selanjutnya direalisasikan oleh jajaran pimpinan Kompas Gramedia Group, yaitu: Agung Adiprasetyo (CEO), Teddy Surianto (Business Development), jajaran Board of Directors Kompas Gramedia dan Panitia Pendiri yang dipimpin Dr. Ir. P.M. Winarno, M.Kom (Ketua) dan Ir. Budi Susanto, M.M (Wakil Ketua).

Berikut ini adalah visi dan misi Universitas Multimedia Nusanatara

VISI
Universitas Multimedia Nusantara menjadi perguruan tinggi unggulan di bidang ICT, baik di tingkat nasional maupun internasional, yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional dan berkompetensi tinggi di bidangnya (berkeahlian) yang disertai jiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.
MISI
Turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan bangsa melalui upaya penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat), untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Fakultas Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi (Multimedia Communication/Komunikasi Multimedia)
Program peminatan:
Multimedia Journalism
Multimedia Public Relation
Fakultas Seni dan Desain
Program Studi Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Design/Design Komunikasi Visual)
Program peminatan:
Art and Design
Animation
Digital Cinematography
Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Studi Teknik Informatika (Mobile Software Engineering)
Program Studi Sistem Komputer (Computer Engineering)
Program Studi Sistem Informasi (Mobile Information System)
Fakultas Ekonomi
Program Studi Manajemen (ICT Business Management)
Program peminatan:
Manajemen Pemasaran
Manajemen Keuangan
Program Studi Akuntansi (ICT Based Accounting)
Program peminatan:
Auditing
Taxation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar