Selasa, 22 Maret 2011

Home!!

Hehe judulnya rada aneh.... "Membuat Halaman Home, Berbeda dengan Halaman Posting" aku juga ga tau mau kasih judul apa, jadi gini ceritanya, kalau kita mempir ke blog-nya kang rohman kita pasti heran, kok kalau kita melihat halaman pertama blog-nya kang rohman akan berformat 3 kolom, tapi kalau kita klik salah satu postingan yang ada, maka kita akan lihat blog-nya kang rohman berformat 2 kolom. bingung kan?? tapi enak juga liatnya, jadi tidak terlihat seperti blog.

Berbulan-bulan mencari akhirnya sampai di tempatnya kang jalu. kebetulan di sana ada penjelasan tentang blog dinamis alias.. "Membuat Halaman Home, Berbeda dengan Halaman Posting" so ak langsung ikuti. dengan sedikit tertatih-tatih aku agak berhasil mau lihat hasil dari utak atik asal ku sok lihat di http://nutheme.blogspot.com/


okeh langsung aja : 

A . Kolom, ukuran kolom  atau widget, di tampilkan pada  halaman depan namun disembunyikan atau ( berubah ) pada halaman Item Pages – Postingan. scriptnya mengunakan ini.


 Letakan Kolom, ukuran kolom  atau widget anda disini, kemudian di tutup dengan 

B. kolom atau elemen yang tampil pada halaman depan dan indek label, namun tidak tampil atau ( berubah ) pada halaman Item Pages – Postingan.


  Letakan Kolom, ukuran kolom  atau widget anda disini, kemudian di tutup dengan 

C. Pada halaman depan,  kolom atau elemen widget-nya tidak tampil namun akan tampil atau ( berubah ) pada halaman Item-Pages – Postingan.


  Letakan Kolom, ukuran kolom  atau widget anda disini, kemudian di tutup dengan 


Kurang lebih maksudnya seperti ini :
jika kita ingin "Membuat Halaman Home, Berbeda dengan Halaman Posting" maka kita akan menggunakan script A.

contoh kasus-nya akan seperti ini :
Pada halaman depan atau home kita memiliki 4 buah kolom, dan pada halaman postingan kita ingin agar sebuah kolom kita menghilang, maka akan muncul hannya 3 kolom pada halaman postingan.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar :

nah pada halaman postingan gambarnya akan seperti ini :


Pertanyaanya kemanakah kolom "sidebar 1"?? nah itu yang kita bahas dari tadi...
caranya :
sebelum tulisan  ]]>
anda telah membuat beberapa kolom yang anda beri nama sesuai dengan nama kolom-kolom kita, yang scriptnya kurang lebih seperti ini :

#content {
width: 600px;

#Sidebar-1 {
width: 200px;

#Sidebar-2 {
width: 200px;

#Sidebar-3 {
width: 200px;

#Sidebar-4 {
width: 200px;
}

Setelah tulisan  ]]>  
Tambahkan di antaranya ( kira-kira ) , script seperti ini :


Yang artinya kurang lebih seperti ini :

 ini adalah akhir dari gaya yang saya telah katakan di depan.
Gimana gampang kan??
Oia kita juga bisa membuat lebih banyak kreasi seperti, content yang pada halama awal berada di kanan maka pada halaman post akan berada di bagian kiri, caranya tinggal tambahkan aja perintah float: left atau right.
Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar