Sabtu, 05 Maret 2011

Tipe - Tipe Ikhwan


4 tipe ikhwan menurut nasyid yang sering didengarnya hanyalah sebuah candaan belaka. tetapi candaan ini datang dari observasi sejumlah aktivis yang ane temui walau masih perlu dibktikan secara empiris. di tambah lagi, tidak mesti seorang ikhwan hanya memiliki 1 tipe, biasanya ada 2 tipe, namun yang menonjol adalah salah satu tipe saja. selain itu seorang ikhwan bisa berubah dari satu tipe ke tipe yang lainnya.
so jangan dijadikan referensi untuk kajian ya….
tipe-tipe itu adalah :
1. Tipe Shoutul Haroqah : tipe ini menandakan bahwa sang ikhwan punya semangat Haroki yang besar, tegas, dan selalu On Fire. motto nya , ” bangkitlah negeriku… harapan itu masih ada”. tipe seperti ini jika diberi amanah maka ia akan melaksanakan amanah itu dengan tuntas…. tas… tas. tipe-tipe seperti ini agak-agak kurang sensi dengan masalah ukhwah, apalagi hubungan ikhwan -akhwat. tipe seperti ini adalah tipe sering ikut aksi atau demo dan spreading. lebih dekat dengan masyarakat.
tipe seperti sangat bagus untuk menjadi Murobbi yang para binaannya anak-anak muda yang penuh semangat. biasanya keberhasilan kerja dakwah karena ada kader-kader seperti ini. yang benar-benar melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar.
tipe yang serupa dengan tipe Shoutul Harokah adalah tipe iziz, Ira, dan sebagainya.
2. tipe edcoustic : eits…”walau diriku bukanlah mereka… ku apa adanya”. ini adalah tipe ikhwan yang bisa bergaul dengan siapa saja. gayanya gaul, penampilannya rapi. pede nya tinggi. tipe ini ketika diberi amanah dia akan bekerja dengan riang gembira tapi kadang bisa lebay… banget tergantung jenis amanah. oleh karena itu sering dikatakan ikhwan seperti ini moody.. angot-angotan semangatnya. kalau ikut demo atau aksi…. hmmm mungkin tidak sesering tipe shoutul harokah. tipe ikhwan seperti ini cocok menjadi murobbi bagi Mad’u yang baru mengenal tarbiyah. pendekatannya yang super mampu mengikat para mad’u untuk mengaji. dan banyak contoh-contoh fresh dan sesuai masa kini dalam kajian yang ia isi.
tipe yang serupa dengan tipe edcoustic adalah tipe : tashiru dan hmmm…. apalagi ya?
3. tipe seismic : wadaw…. tipe full melankolis. tipe ini adalah ikhwan-ikhwan yang sudah menikah dan sangat peduli pada keluarga atau ikhwan-ikhwan yang rindu menikah… tipe seperti ini sangat menyukai kajian-kajian seputar pernikahan dan keluarga. biasanya kurang aware dengan amanah yang diberikan kecuali amanah yang berhubungan dengan pernikahan. tapi bukan berarti mereka tidak produktif loh. mungkin untuk aksi atau spreading dia jarang ikut. tapi… ketika antum butuh informasi seputar hubungan ikhwan-akhwat, fiqih munakahat. dan sejenisnya, bertanya pada ikhwan tipe ini insya Allah dapat beliau jawab. tutur katanya halus dan lembut, sejuk deh…
tipe seperti ini kurang cocok jadi Murobbi kecuali jika Mad’u nya adalah orang-orang yang mau nikah.
tipe seismic serupa dengan tipe unic.
4. tiper Brother / Raihan : tipe ini udah jarang sekarang….. katanya udah agak kuno, jadi jarang ada ikhwan yang bertipe seperti ini sekarang. kalau anda bertemu ikhwan bertipe seperti ini, maka anda bertemu dengan ikhwan-ikhwan yang bijaksana, berpandangan kedepan, dan ilmu nya banyak. hal ini karena mereka mudah bergaul dalam masyarakat, baik tua dan muda. kemudahan bergaul itulah yang menyebabkan mereka mudah memahami kondisi masyarakat sekitar. ikhwan seperti ini tampak tenang pembawaannya. cocok menjadi murobbi bagi mad’u yang tarbiyahnya saat dewasa atau sudah bekerja. atau pemuda-pemuda yang bukan aktivis kampus, misalnya aktivis kampung.
tipe ini serupa dengan tipe saujana.
itulah empat tipe ikhwan berdasarkan nasyid kegemarannya. anda termasuk tipe yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar